Home Living Indonesia

B’Steak Grill n Pancake Quality That Outmatches The Price

Restoran ini berawal dari kegemaran pemilik akan steak. Ia merasa bahwa tidak banyak pilihan restoran steak berkualitas dengan harga terjangkau. Pasangan suami istri ini pun akhirnya  mendirikan B’steak Grill n Pancake yang telah memiliki 3 gerai di Jakarta. Restoran ketiga mereka ini menjadi yang terbesar dan guidance baru bagi dua restoran sebelumnya.

Not a Steakhouse
Gerai B’Steak Grill & Pancake yang telah buka sejak Mei tahun lalu ini berada di kawasan Summarecon Serpong, Tangerang. Dua gerai sebelumnya berlokasi di Greenville, Jakarta Barat dan Muara Karang, Jakarta Utara. “Konsep awal kami menyediakan tempat makan yang nyaman dan  terjangkau. Karena sering kami lihat grill resto dengan harga  terjangkau biasanya ruangannya bau asap. Jadi kami buat restoran ini senyaman mungkin,” buka Fonny Sutanto, salah  satu pemilik B’steak Grill n Pancake. Walau menyediakan banyak menu steak, B’steak Grill & Pancake bukanlah steakhouse. “Nama B’steak kami ambil dari sebutan orang Jawa untuk steak, bistik. Jadi kami pilih nama yang umum agar  mudah diingat,” tambahnya.

‘Mild’ Industrial Interior
Gerai ketiga yang berkapasitas hingga 250 orang ini dirancang oleh biro arsitek dan interior Jettaliving. “Konsep utama yang saya minta adalah bagus, modern, dan homey. Saya rasa konsep interior tersebut cocok dengan konsep restoran untuk keluarga yang kami inginkan,” jelas Fonny. Desain industrial yang diajukan Jettaliving berkompromi dengan keingian owner dan menghasilkan interior yang modern namun hangat seperti saat ini.

Restoran ini dibangun di atas lahan kosong seluas 1600 m2 pada salah satu kompleks ruko di kawasan Summarecon Serpong. Hal tersebut membuat bangunan bergaya modern ini terekspos di antara keseragaman fasad ruko. Paduan material batu bata dengan kusen besi berwarna  hitam menghasilkan kesan indusrial pada bangunan.

“Kami tidak ingin bangunan ini terlihat berlebihan sehingga menampilkan kesan mahal dan membuat pengunjung jadi segan masuk,” ujar wanita yang pernah bekerja sebagai pastry chef di Crown Hotel, Melbourne, Australia ini. Latar belakang bidang kuliner sang pemilik menjadi salah satu faktor sukses restoran ini.

Sang suami yang mengurusi masalah finansial restoran berasal dari keluarga yang memiliki usaha katering. Fonny bertanggung jawab soal marketing dan promosi dan chef kepala mereka yang memutuskan keluar dari pekerjaannya di salah satu hotel berbintang bertanggung jawab soal masakan.    

One Central Kitchen    
Terdapat tiga area yang bisa dipakai pengunjung untuk bersantap. Area dalam, teras depan serta teras belakang yang menghadap ke kolam dan taman. Di bagian depan tersedia VIP room yang bisa menampung 16 orang. Pemakaian lantai ubin yang antik dengan material modern seperti kaca dan metal membuat paduan unik.

Ekspos batu bata dan kayu memberi kesan hangat pada interior. “Interior yang hangat dan homey penting untuk konsep family resto seperti kami. Pengunjung bisa datang dengan keluarga, teman, atau pacar, semua cocok dengan suasana interior dan konsep masakan kami,” jelas Fonny.

Untuk  menjaga standar kualitas dan rasa di setiap gerainya, B’Steak memiliki dapur pusat yang berada di bagian belakang restoran ini. “Semua bahan-bahan disiapkan di sini, lalu di  distribusikan ke dua restoran lainnya,” tutupnya.

Sumber : http://www.homelivingindonesia.com/articles/lifestyle/eating/360-bsteak-grill-n-pancake-quality-that-outmatches-the-price